Tips Sukses Beternak Lovebird, Untung Ratusan Juta Tiap Bulan !!!!

Fanskicau.com Tips Sukses Beternak Lovebird – Burung Lovebird saat ini tengah populer. Peluang bisnisnya cukup besar sehingga banyak yang tertarik untuk membudidayakan. Keistimewaan burung Lovebird adalah warna bulunya indah dan kicaunya yang sangat indah.

Sebelum beternak perlu diketahui tujuan budidaya untuk mencari anakan yang suaranya bagus atau kemolekan bulunya. Apabila ingin menghasilkan keturunan bersuara bagus maka mencari indukan yang suaranya super(ngekek berdurasi panjang). Namun, jika menginginkan warna bulu yang bagus dapat mencari jenis lovebird bulu indah seperti BIOLA, PARBLUE, EUWING dan lainya , yang dinikmati penghoby dari keindah warna bulunya.

Beternak buruk Lovebird boleh dibilang gampang-gampang susah. Untuk menghindari banyak kegagalan maka perlu mengetahui tips dan triknya. Berikut ini adalah cara beternak burung Lovebird:

Tips Sukses Beternak Lovebird

Persiapkan kandang atau sangkar

Persiapkan kandang yang terbuat dari besi . Siapkan juga kotak untuk tempat bertelur atau gelodok dari kayu berukuran PxLxT 25x20x25. Gelodok yang baik ukurannya tidak terlalu sempit maupun tidak terlalu luas. Diameternya sesuai dengan ukuran tubuh burung. Harus memiliki lubang pintu. Masukkan serutan serutan kayu kering, potongan kertas dengan ketebalan 2,5 cm ke dalam sangkar. Tujuannya untuk menaruh telur agar tetap hangat. Selain itu tempat bertengger 1 atau 2 tangkai. Sediakan tempat makan dan minum burung.

Memilih jenis kelamin jantan dan betina

Burung lovebird termasuk jenis hewan yang memiliki bentuk yang sama antara jantan dan betina sehingga sulit dibedakan. Hati-hati jika membeli burung pasangan bisa jadi itu jantan semua. Burung lovebird betina memiliki ciri tulang panggul lebih besar karena untuk mengeluarkan telur, bentuk tubuh bulat dan berisi, portur tubuh lebih besar dengan ukuran kepala lebih kecil dibanding jantan.

Mengetahui umur produktif burung Lovebird

Burung lovebird idealnya berumur 8 bulan untuk yang betina. Sedangkan jantan umur 8-1 tahun bulan sudah siap kawin.

Mengawinkan Lovebird jantan dan betina

Burung lovebird termasuk jenis burung yang setia dengan pasangannya. Oleh karena itu dibutuhkan penanganan khusus agar dapat memilihkan pasangan yang tepat. Untuk mempercepat proses perkawinan langsung memilih 5 pasang yang siap reproduksi dan di masukkan dalam kandang besar (KOLONI) Cara ini sangat mudah dalam proses penjodohan Karena lovebird memilih pasangan dengan hati

Cara lain yang mudah, dengan cara mendekatkan jantan dan betina dengan kandang terpisah agar saling mengenal dulu .jika sudah tidur berdekatan, pisahkan kemudian masukkan dalam sangkar ternak. Untuk hasilnya tunggu 4-11 hari setelah perkawinan.

Pengeraman

Jika burung Lovebird sudah bertelur tahap selanjutnya proses pengeraman. Siapkan gelodok sebagai tempat untuk mengeram. Pada tahap ini biarkan burung mengeram jangan sering dilihat. Tunggu jika sudah 22-27 hari. Jika dalam usia 30 hari telur tidak menetas, dimungkinkan telur kopyor. Silakan sobat ambil telur tersebut agar burung bisa bertelur kembali.

Memberi makanan yang sehat untuk anakan dan indukan

Nutrisi makanan sangat penting bagi asupan gizi burung. Untuk makanan indukan sobat bisa menyediakan kangkung, jagung , biji sawi, tauge, milet, jewawut.

Pemberian vitamin

Pemberian vitamin pada burung merupakan faktor terbesar untuk  sukses dalam penangkaran.

vitamin sangat diperlukan karena kegunaannya sangat banyak. Manfaatnya antara lain:

⦁ Untuk meningkatkan hasil penangkaran

⦁ Meningkatkan kesuburan jantan dan betina

⦁ Meningkatkan produksi telur yang berisi bibit

⦁ Mencegah terjadinya penyakit akibat kekurangan vitamin

⦁ Mengatasi stres pada indukan

⦁ Bisa digunakan untuk semua jenis burung ternak

Itulah Tips Sukses Beternak Lovebird, semoga bermanfaat