Inilah Perawatan Murai Batu Setelah Mabung Biar Gacor

Fanskicau.com Burung murai batu salah satu jenis burung yang perawatan tergolong tidak terlalu rumit tapi harus telaten. Apalagi perawatan murai batu setelah mabung biar gacor tentu ada tips yang harus menjadi perhatian. Di alam liar burung Murai batu yang sedang mabung akan menjadi burung yang lebih memilih bersembunyi selama proses mabung agar tidak menjadi sasaran pemangsa.

Melihat hal demikian tentu untuk burung murai batu yang Anda pelihara hampir tidak jauh berbeda. Di mana keamanan burung ketika berada di sangkar harus terus terjaga. Tak heran bila sering digunakan kerodong untuk memberikan rasa aman dan nyaman pada burung. Hal lain yang harus diperhatikannya adalah pemberian makanan sebagai nutrisi untuk metabolisme murai batu harus tersedia penuh. Agar kondisi peliharaan Anda tidak drop atau bahkan stress.

Salah dalam perawatan ketika mabung akan berakibat fatal terhadap performa dari murai batu. Sebab perawatan burung tidak boleh sama dengan harian ketika baru beranda pada masa mabung ini. Nanti bisa menyebabkan burung murai Anda macet atau bahkan sampai sakit. Diperlukan sebuah ketelatenan dan kesabaran untuk dapat merawat burung mabung. Sebagai antisipasi yang sudah terlanjur salah Merawat

Perawatan Murai Batu Setelah Mabung

Berikut ini kami sampaikan perawatan untuk murai batu setelah mabung biar gacor kembali. Beberapa hal yang harus Anda perhatikan diantaranya :

  1. Pada tahap 2 bulan pasca mabung

Anda harus menahan diri untuk tidak memaksakan murai batu langsung kembali seperti performa sebelum mabung. Sebab pada masa itu burung harus menyesuaikan kembali dengan keadaan fisik yang baru. Selesainya mabung dapat dilihat dari bulu ekor si murai batu. Sebab proses penumbuhan bulu ekornya merupakan tahap terakhir dalam mabung.

Jangan terburu-buru memberikan perawatan harian seperti penjemuran maksimal. Siapa tahu mabung belum maksimal, meskipun pada dasarnya secara kasat mata sudah terlihat mabung sempurna. Lebih baik murai batu Anda di angin anginkan saja.

  1. Setelah sudah lewat sebulan

Anda boleh melakukan penjemuran dengan tahapan yang tepat. Yakni jangan langsung jemur lama, namun waktunya bertahap coba sebentar dulu baru terus mencoba lama. Anda harus mengangkatnya ketika burung sudah merasa kepanasan dengan ciri murai menjadi gelisah. Untuk lamanya penjemuran pada perawatan Murai Batu setelah mabung biar gacor tergantung karakteristik burung. Setiap murai batu biasanya berbeda-beda.

Jangan melakukan umbaran terlebih dulu. Hal ini tidak disarankan karena kondisi bulu bulunya masih rawan rusak. Maka dari itu lebih baik tidak dilakukan dalam keadaan tersebut.

Masalah pemandian ikuti kemauan dari murai batu. Jangan memandikan setiap hari, jika dipaksa nanti dampaknya ke burung tidak baik. Jika Anda mencoba untuk memandikan kemudian ternyata murai batu Anda tidak mau maka lebih baik urungkan niat untuk memandikannya. Semprot dulu kakinya atau semprot kering sebatas bulu luar saja, bila murai batu niat untuk mandi biasanya langsung melakukannya sendiri di wadah yang telah Anda sediakan. Kalau langsung membasahi kuyup akan membuat mentalnya jatuh.

Begitulah kira-kira bagaimana perawatan Murai batu setelah mabung biar gacor. Ikuti setiap langkah yang tadi sudah disebutkan. Jangan sampai melewatkan salah satu hal yang tadi sudah disebutkan. Pada dasarnya perawatan burung murai batu pasca mabung ini sangat mudah. Terpenting bahwa anda tidak melanggar pantangan tadi. Sebab bisa berakibat buruk dan ditakutkan burung malah malas dan stress. Selamat mencobanya.