Cara Merawat Burung Cucak Ijo Polos

Cara Merawat Burung Cucak Ijo Polos dan Settingan Sebelum Berlomba

Cara merawat Cucak ijo polos termasuk cukup mudah dan tidak ribet. Seperti yang kita ketahui, Cucak Ijo merupakan burung yang pintar menirukan suara-suara di sekitarnya. Selain itu burung ini memiliki perawakan bagus dan gagah. Maka tak heran burung ini menjadi favorit dan incaran bagi pecinta burung. Cucak Ijo juga disebut burung Fighter atau petarung.

Salah satu yang menjadi andalan burung Cucak Ijo ini adalah suaranya yang gacor. Maka perlu pengetahuan tentang cara merawat Cucak Ijo polos yang baik dan tepat agar benar-benar gacor.

Cara Merawat Cucak Ijo agar gacor

Dalam merawat burung berkicau memang membutuhkan kejelian dan kesabaran. Banyak kejadian burung Cucak Ijo polos ketika tampil hanya merentangkan kedua sayapnya. Padahal perawatannya sudah sesuai. Berikut adalah tips agar burung Cucak Ijo polos bisa gacor atau ngentrok lantang.

  1. Pemilihan jenis pakan

Yang pertama adalah Anda harus memperhatikan pakan burung Cucak Ijo polos. Pakan merupakan faktor penting untuk menghasilkan Cucak Ijo gacor. Beberapa contoh pakan yang bisa Anda berikan adalah buah-buahan segar, yang menjadi favorit dari Cucak Ijo polos misalnya pisang, pepaya, pir, jeruk, dan juga apel merah. Sebagai tambahan Anda bisa memberikan pakan tambahan atau extra fooding. Pakan tambahan yang bagus misalnya ulat Hongkong dan kroto. Ingat, janganlah berlebihan dalam memberikan ulat Hongkong atau kroto karena akan berdampak buruk pada burung. Ada lagi yang bisa diberikan, yaitu voer atau poor. Selalu berikan voer atau poor hanya satu jenis saja.

  1. Pembuatan sangkar

Burung Cucak Ijo polos ini termasuk burung yang aktif bergerak. Maka perlu perhatian dalam memilih sangkar yang tepat. Usahakan sangkar yang dipakai tidak terlalu kecil. Selain itu sediakan dua tangkringan yang sejajar agar Cucak Ijo bergerak dengan leluasa. Wadah mandi juga harus ada di dalam sangkar, karena burung ini terkenal juga suka mandi sendiri.

  1. Mandikan burung secara teratur

Cucak Ijo sangat suka sekali mandi sendiri. Maka sediakan keramba  di dalam sangkar. Selain itu Anda bisa memandikan Cucak Ijo dengan alat semprot pada pagi dan sore hari secara teratur.

  1. Menjaga selalu kebersihan sangkar

Sangkar yang kotor akan berakibat buruk pada burung Cucak Ijo. Maka kebersihan sangkar harus diperhatikan secara serius. Jangan sampai Anda abaikan. Bersihkan kotoran burung setiap hari terutama sebelum Cucak Ijo mandi. Wadah minum juga harus dikontrol kebersihannya, ganti air setiap hari.

  1. Proses pemasteran burung

Jika ingin meminta Cucak Ijo yang gacor dan memiliki kicauan yang merdu, sebaiknya lakukan pemasteran setiap hari dan secara teratur. Anda bisa menggunakan Cucak Ijo yang sudah jadi atau rekaman MP3 suara Cucak Ijo.

Cara Merawat Burung Cucak Ijo Polos2

Settingan Cucak Ijo sebelum berlomba

Dalam mengikuti perlombaan bukan hanya fokus pada cara merawat Cucak Ijo polos saja. Tetapi harus mengetahui settingan Cucak Ijo sebelum lomba. Ada beberapa cara settingan Cucak Ijo sebelum diikutkan dalam perlombaan.

  1. Pemberian pakan kroto. Berikan seminggu sebelum perlombaan dan hanya pada pagi hari saja. Kroto bertujuan agar burung Cucak Ijo polos lebih rajin berkicau.
  2. Pemandian. Mandikan burung setiap pagi hari agar selalu tetap sehat. Gunakan semprotan dan hindari terkena bola mata dan hidung burung.
  3. Pemasteran. Enam hari sebelum perlombaan lakukan pemasteran untuk membangun inisiatif burung pada saat kontes.
  4. Pemberian pakan ekstra. Berikan pakan ekstra berupa anak jangkrik pada lima hari sebelum lomba. Pakan inu diberikan agar burung Cucak Ijo polos terlihat lincah ketika perlombaan.

Itulah beberapa cara merawat burung Cucak Ijo polos dan settingan sebelum berlomba. Ketelatenan dan kesabaran diperlukan dalam perawatan burung ini. Selamat mencoba.