Cara-Merawat-Anakan-Murai-Batu

Tips Cara Merawat Anakan Murai Batu Agar Cepat Gacor

112 views

Fanskicau.com Murai Batu merupakan salah satu jenis burung yang ada di Indonesia. Murai batu cukup terkenal di kalangan pecinta burung terutama karena keindahan suaranya. Di Indonesia Murai Batu dibedakan berdasarkan asal daerahnya yaitu berasal dari Sumatera atau Kalimantan. Murai Batu yang berasal dari Sumatera misalnya Murai Batu dari Aceh, Murai Batu Medan, Murai Batu Bengkulu, Murai Batu Lampung. Sedangkan Murai Batu yang berasal dari Kalimantan misalnya Murai Batu Palangka, Murai Batu Banjar. Murai Batu Kalimantan juga dikenal dengan sebutan Murai Batu Borneo. Oleh karena Murai Batu banyak diminati karena keindahan bunyinya, maka penyuka burung harus tahu bagaimana cara merawat anakan Murai Batu agar cepat gacor. Gacor yang dimaksud adalah rajin berbunyi dan bagus.

Apa Saja Cara Merawat Anakan Murai Batu Agar Cepat Gacor ?

Cara merawat anakan Murai Batu agar cepat gacor, sebenarnya disesuaikan dengan jenis kelamin si burung. Biasanya yang paling senang dan sering berkicau adalah burung Murai Batu jantan. Para pecinta burung seharusnya sudah faham ini. Bila membeli burung untuk mendapatkan kicauan yang bagus sebaiknya pilih yang berjenis kelamin jantan. Meski begitu pecinta burung tetap harus memperhatikan perawatan si burung dapat menghasilkan suara yang indah. Perawatan dan kebersihan kandang juga mempengaruhi mood si burung. Seperti manusia saja ya. Karena burung juga makhluk hidup sehingga burung juga membutuhkan suasana dan kondisi yang nyaman untuk dirinya. Bukan hanya kebersihan kandang namun juga kebersihan burung itu sendiri. Burung harus rajin dimandikan agar selalu dalam kondisi bersih. Selain itu kebersihan kandang dan burung juga menghindarkan burung dari serangan kuman penyakit.

Ada beberapa tips cara agar anakan Murai Batu agar cepat gacor, yaitu:

  1. Pertama, burung harus dimandikan setiap hari pada pagi hari. Cara memandikannya adalah dengan menyemprotkan spray pada tubuh burung. Bisa juga digunakan keranda mandi, bila kadang burung juga sekalian ingin dibersihkan. Namun bila kandang masih bersih, lebih praktis menggunakan spray saja sehingga tidak perlu repot mengeluarkan burung dari kandang.
  2. Kedua, kandang harus dibersihkan juga setiap hari. Setidaknya buanglah kotoran burung setiap hari. Jika tidak memiliki waktu untuk mencucinya setiap hari bisa menggunakan selang air untuk membersihkan sisa-sisa kotoran di kandang. Baca: cara merawat anakan murai batu yang baru menetas
  3. Ketiga, berikan makanan yang cukup untuk burung, ganti makananya setiap hari.
  4. Keempat, berikan dang anti minuman untuk burung. Jangan menggunakan air mentah untuk minum burung. Gunakan air matang atau air mineral.
  5. Kelima, jemur burung di bawah sinar matahari di pagi hari. Penjemuran bisa dilakukan selama kurang lebih 1 jam jika matahari cerah, jika kondisi mendung lakukan penjemuran sekitar 1 jam lebih sedikit.

Untuk menghasilkan suara yang indah, anakan Murai Batu memang harus diberikan treatment khusus. Treatment ini meliputi berbagai hal mulai dari makanan dan minuman, latihan, serta kondisi lingkungan sekitar dimana burung hidup. Pecinta burung harus memahami bahwa perlu kerja sama antara pecinta burung dan burung peliharaan agar burung dapat menghasilkan suara indah.

Khusus untuk anakan murai batu, berikut terdapat tips cara merawat anakan murai batu agar cepat gacor adalah:

  • Berikan makanan tambahan pada anakan Murai Batu. Makanan tambahan bisa berupa jangkrik setiap pagi sebanyak 3-4 ekor. Bisa juga menambahkan Ulat Hongkong satu sendok makan.
  • Lakukan pemasteran suara sesuai dengan suara yang ingin dihasilkan.
  • Kondisikan suasana rumah di sekitar kandang nyaman dan aman bagi murai batu

Itulah artikel tentang Cara Merawat Anakan Murai Batu Agar Cepat Gacor, semoga bermanfaat