Cara Menjinakan Murai Batu Kalimantan Dengan Cepat

Fanskicau.com Murai Batu merupakan salah satu jenis burung yang berasal dari Kalimantan, burung ini terkenal dengan bunyinya yang begitu khas. Jenis burung ini mulai banyak digemari oleh para pecinta binatang kicauan. Perawatan dalam murai batu ini sebenarnya tidak terlalu sulit hanya butuh ketelitian dan ketelatenan. Berikut ini akan dibahas mengenai cara menjinakan murai batu kalimantan.

Sahabat kicau mungkin akan mengalami kesulitan apabila memiliki murai batu yang tergolong liar atau baru didapatkan. Murai Batu seperti ini oleh para kicau mania semua biasanya disebut dengan bakalan. Jenis murai batu bakalan ini biasanya giras (terbang terbang di sangkar). Bahkan karena baru ditangkap dan belum bisa menyesuaikan diri dengan sangkar membuat burung tidak mau makan dan mudah sekali mengalami stress.

Kalau pecinta burung murai batu semuanya ingin mengetahui cara untuk menjinakan murai batu kalimantan. Maka kicau mania semua bisa melihatnya dengan membaca pembahasan berikut ini. Jangan sampai salah dalam penangan sehingga mengakibatkan murai batu stress dalam waktu yang lama dan akhirnya mati. Sayang bukan?

Murai Batu adalah jenis burung langka dan mahal, sangat sulit didapatkan. Jikalau ada itupun dipatok dengan harga yang relatif tinggi. Kicau mania pasti tidak menginginkan hal demikian terjadi oleh karena itu simak langkah berikut ini :

Cara Menjinakan Murai Batu Kalimantan

  1. Pemberian Voer

Tahapan pemberian voer ini yang pertama kali dilakukan dalam mempercepat cara menjinakan murai batu kalimantan. Di alam bebas sebagai salah satu rantai makanan burung murai batu biasanya hanya makan serangga seperti kroto, jangkrik dan lain sejenisnya. Oleh karenanya dalam memelihara murai batu agar mau memakan Voer adalah dengan mencampurkan bersama serangga seperti kroto dalam 1 wadah. Disarankan untuk tidak mencampurkan terlebih dahulu. Campurkan setelah satu mingguan berjalan. Lakukan sampai murai batu kenal dan memakan voer.

  1. Permandian secara rutin

Proses memandikan murai batu sebenarnya harus dilakukan secara rutin. Akan tetapi harus melihat keadaan burung terlebih dahulu sebelum melakukannya. Cari waktu di mana murai batu dalam kondisi yang tenang. Step yang harus dilakukan secara pelan-pelan, jangan langsung menyemprotkannya sampai basah. Masukkan terlebih dulu wadah mandi burung (karamba). Kemudian lakukan semprotan perlahan pada burung, cukup bagian luar burung saja yang disemprot. Lantas biarkan burung mandi dengan sendirinya di dalam keramba yang telah disediakan tadi.

  1. Ekstra Food

Ekstra Food atau EF merupakan asupan makanan tambahan ketika murai batu masih berada di alam liar. Agar jinak, lakukan dengan perlahan menggunakan tangan atau kalau masih liar gunakan lidi.

  1. Kenalkan pada keramaian

Saat murai batu sudah terbiasa dengan kondisi baru, taruh pada tempat yang ramai. Hal ini bermaksud agar burung terbiasa di keramaian dan membuat murai batu lebih berani.

  1. Ngriwik

Saat sudah merasa baik dan tenang, pancing burung murai batu dengan suara kicauan. Meskipun tidak bisa dilakukan dengan cepat setidaknya burung akan terbiasa dan lama kelamaan akan menyahut suara tersebut. Naluri untuk berbunyi atau ngriwik ini akan muncul apabila asupan makan dan minum selalu tersedia sehingga murai batu menjadi tenang.

Begitulah sobat kicau mania tentang cara menjinakan murai batu kalimantan. Cara ini bisa dengan cepat membuat murai batu sobat jinak bila mana dilakukan dengan konsisten. Jangan sesekali Anda mencoba membuat murai batu tidak keurus. Sebab akan mengakibatkan murai batu mengalami stres dan berdampak buruk terhadap kelangsungan hidupnya. Semoga bermanfaat