Cara Mengatasi Kenari Macet Bunyi Dan Stres Pasca Mabung

Fanskicau.com Cara Mengatasi Kenari Macet Bunyi Dan Stress Pasca Mabung – Bagi sebagian besar peternak dan pemelihara burung kenari, terutama burung kenari untuk perlombaan, memiliki kenari yang macet bunyi tentu menjadi salah satu hal yang sangat ditakutkan. Hal ini karena apabila kenari macet bunyi ada beberapa indikasi yang mungkin sedang dialami oleh burung kenari tersebut seperti sedang stress, drop, dan mabung.

Dari berbagai indikasi tersebut, sebenarnya sebagian besar kenari yang macet bunyi terjadi saat burung tersebut sedang mabung. Mabung adalah proses pergantian bulu pada burung kenari yang menyebabkan bulu-bulunya rontok. Dalam proses mabung, alangkah baiknya anda memberikan asupan nutrisi yang lebih tinggi serta melakuan berbagai perawatan pada burung kenari tersebut agar kenari kesayangan anda tidak berakhir pada drop dan stress yang tentunya berbahaya bagi burung.

Setelah proses mabung selesai, terkadang burung kenari tetap macet bunyi sehingga harus dilakukan beberapa cara agar burung tersebut bisa ceria dan berkicau kembali. Lantas bagaimana cara mengatasi kenari macet bunyi dan stress pasca mabung? Berikut adalah ulasannya.

Tips Cara Mengatasi Kenari Macet Bunyi Dan Stres Pasca Mabung

Dalam mengatasi burung kenari yang tidak mau bunyi setelah mabung, anda juga harus memperhatikan beberapa hal yang terjadi pada burung kenari tersebut. Berikut adalah cara mengatasi kenari macet bunyi dan stress pasca mabung:

Untuk burung kenari yang kurang fit pasca mabung.

Stamina burung kenari yang semakin menurun ketika mengalami mabung tentu akan dialami oleh setiap kenari selama mabung. Stamina burung kenari mabung akan terus menurun hingga proses mabung selesai. Oleh karena itulah memberikan perawatan yang tepat menjadi solusi terbaik saat kenari mabung.

Apabila burung kenari anda tetap kurang fit meskipun siklus mabung telah usai, anda bisa memberikan berbagai asupan makanan yang bisa mengembalikan stamina burung kenari tersebut. Caranya, segera ganti pakan dengan pakan kenari yang memiliki kualitas terbaik. Selain itu, tambahkan juga berbagai pakan alami seperti telur burung puyuh, sayur, dan buah.

Untuk burung kenari yang kegemukan pasca mabung

Tak jarang beberapa burung kenari malah mengalami kegemukan pasca mabung. Hal ini karena bagi perawat burung kenari pemula, biasanya mereka memberikan porsi makanan yang berlebihan karena mengira bahwa mabung adalah sebuah penyakit yang membuat kenari tidak fit, padalah mabung adalah proses alami.

Saat mabung, kenari jarang beraktifitas sehingga porsi pakan yang berlebih akan membuat burung kenari kegemukan sehingga macet bunyi. Solusi yang bisa dilakukan untuk burung kenari kegemukan pasca mabung adalah dengan mengurangi takaran pakan berupa biji-bijian dan memperbanyak pakan alami berupa buah. Selain itu, jemurlah kenari lebih lama agar kenari lebih banyak minum.

Stress juga menjadi salah satu alasan kenapa kenari macet bunyi. Hal yang biasanya menyebabkan burung kenari mengalami stress adalah pemindahan sangkar burung kenari dari satu sangkar ke sangkar lainnya tanpa melakukan penyesuaian terlebih dahulu. Selain itu, suara bising di sekitar burung kenari juga bisa memicu stress. Adapun solusi yang bisa dilakukan adalah dengan memberikan sangkar luas dan meletakkan kenari di tempat yang sepi serta teduh. Dengan begitu, lambat laun kenari akan kembali fit lagi dan berkicau.

Selain cara mengatasi kenari macet bunyi dan stress pasca mabung di atas, anda juga harus memastikan bahwa kenari tidak terjangkit penyakit. Penyakit yang sering menyerang kenari adalah sakit karena adanya tungau di kantung udaranya sehingga ia akan malas berkicau. Untuk jenis macet bunyi karena penyakit ini, mandikan kenari secara intens dengan obat khusus untuk mengatasi tungau tersebut.

Demikian beberapa cara mengatasi kenari macet bunyi dan stres pasca mabung. Dengan melakukan cara di atas, maka kenari anda akan kembali fit pasca mabung dan berkicau dengan merdu. Untuk mendapatkan kicau yang lebih merdu dari kenari, anda juga bisa melakukan mastering pada kenari dengan melatihnya menirukan bunyi kicau kenari lain yang telah jago.