Cara Memotong Sayap Lovebird Agar Jinak

Fanskicau.com Lovebird yang sering diikutkan lomba ngekek ternyata juga membutuhkan perawatan khusus. Salah satu jenis perawatan selain menjaga kesehatan dan kebersihannya adalah cara memotong sayap lovebird yang penting juga sebagai salah satu proses penjinakan untuk hewan yang lucu satu ini.

Untuk beberapa orang, lovebird bukan sekedar dijadikan salah satu hal yang diperlombakan, tetapi memang ada juga yang tertarik untuk membuatnya sebagai kewan peliharaan saja sehingga mereka bisa bermain dengan burung kesayangannya. Tahukah Anda bahwa beberapa burung yang belum jinak bisa saja suka terbang dan tidak pernah kembali. Kuncinya terletak pada sayap terbang utamanya. Untuk itu penting bagi Anda yang mencintai burung seperti ini menjinakkannya sehingga tidak kehilangan burung tersebut.

Beberapa Cara Memotong Sayap Lovebird Agar Jinak

Dalam memotong sayap burung sebagai salah satu cara agar mebuat lovebird semakin jinak memiliki cara yang perlu diperhatikan. Bukan hanya dengan menggunakan cara yang biasa tetapi juga perlu beberapa hal penting sehingga ita tidak sembarangan memotong bagian sayap tertentu yang sebenarnya tidak perlu untuk dipotong. Berikut ini adalah cara yang tepat untuk memotong sayap lovebird yang Anda miliki.

a. Bagian sayap burung terdiri dari 4 jenis. Yang pertama adalah sayap terbang utama, sayap terbang yang secondary, lalu juga ada bagian dorsal dari sayap utama dan bagian dorsal dari sayap secondary untuk terbang. Bagian dorsal adalah bagian yang terletak dekat dengan punggung lovebird sedangkan sayap utama dan secondary terletak di bagian paling luar dari sayap lovebird.

b. Bentangkan terlebih dahulu sayap lovebird dengan benar sehingga Anda bisa dapatkan mana bagian yang boleh mana yang tidak boleh untuk dipotong.

c. Rentangkan dengan lebar kemudian bagian yang di potong adalah bagian luar atas yaitu sayap terbang utama. Anda perhatikan sekali lagi sebelum memotong suapaya akhirnya bisa berfungsi dengan baik sayap tersebut.

d. Anda bisa potong bagian sayap utama yang terleta di bagian atas paling luar mengikuti lingkar batas dari dorsal atas sayap utama.

e. Lakukan dengan benar agar burung pun tidak kesakitan dengan cara memotong sayap lovebird yang Anda lakukan ini.

Setelah selesai melakukan pemotongan, maka Anda bisa lakukan kepada sayap yang satunya. Dengan demikian, lovebird ini bisa lebih jinak dan tidak terbang kemana-mana hingga tidak kembali pada Anda. Sebenarnya, cara pemotongan di atas sangatlah mudah dan tidak membuat burung menjadi sakit atau pun sayapnya tidak bisa digunakan untuk terbang. Pemotongan ini hanya bertujuan untuk membuat lovebird semakin jinak untuk dijadikan hewan peliharaan yang bisa Anda ajak bermain. Selain itu, setelah pemotongan pada umumnya bulu burung akan terlihat lebih rapi selama Anda memotong dengan benar dan ikuti linenya.

Jangan sampai Anda salah melakukan pemotongan yang justru berbahaya bagi lovebird. Anda bisa cari tahu dan pastikan terlebih dahulu bagian sayap burung yang dimaksd sebelum memotong sayap lovebird Anda. Dengan demikian, Anda bisa melakukan pemotongan sesuai dengan yang seharusnya karena sudah pelajari terlebih dahulu bagaimana cara potong dan mengenali bagian sayap dengan cermat. Jadi, setelah itu silahkan gunakan cara memotong sayap lovebird di atas dengan benar sehingga tidak merusak bagian sayap lainnya. Anda kemudian bisa bermain dengan lovebird yang jinak dan jangan lupa untuk memberi pakan yang baik dan bernutrisi.