Cara Meloloh Anakan Lovebird yang Baru Menetas

Fanskicau.com Cara Meloloh Anakan Lovebird yang Baru Menetas – Meloloh anakan Lovebird merupakan hal yang agak beresiko. Anakan lovebird yang baru lahir tentu kondisinya masih sangat lemah. Namun, bukan berarti tidak berani mencoba. Jika masih pemula hendaknya jangan meloloh anakan yang baru lahir. Tunggu hingga berusia sekira 7-10 hari. Mengapa kita perlu meloloh anakan lovebird? Tujuannya agar indukan dapat berproduksi kembali.

Sebagian besar anak lovebird ditetaskan dengan alat penetas atau inkubator. Alat ini lebih efektif dibandingkan dengan dierami oleh indukan. Telur yang ditetaskan dengan inkubator hampir semuanya berhasil menetas kecuali telur yang tidak dibuahi.

Cara meloloh anakan Lovebird bagi yang sudah berpengalaman, tunggu sekitar dua jam baru bisa diloloh. Pakan yang digunakan adalah pakan khusus untuk lolohan. Anda bisa gunakan pakan nutrisi khusus untuk burung.

Mengapa perlu memilih pakan pakan nutrisi khusus untuk burung?

⦁ Mempercepat pertumbuhan anakan (tumbuh montok dan mata jernih)

⦁ Memperindah warna bulu lovebird karena nutrisi, vitamin terpenuhi

⦁ Memperkecil resiko kematian karena nutrisi kebutuhan terjamin

⦁ Sangat baik diberikan sejak burung baru menetas

⦁ Pakan ini sangat cocok untuk semua anakan burung

Cara Meloloh Anakan Lovebird

Untuk menyuapi bisa menggunakan alat spet atau bekas botol cuka yang bagian ujung diruncingkan. Lalu sedikit demi sedikit pakan tersebut disuapkan pada anakan Lovebird. Sembari menyuapi liat bagian tembolok. Jika sudah membesar hentikan penyuapan meski anakan Lovebird masih merengek. Hal dikarenakan piyikan baru menetas sehingga diberi pakan sedikit saja.

Pemberian pakan harus rutin setiap tiga jam sekali hingga berumur dua minggu. Memang membutuhkan ketelatenan dan kesabaran. Sebagai contoh meloloh pada pukul 5 pagi, pukul 8 pagi, pukul 11 pagi, pukul 2 siang, pukul 5 sore, pukul 8 malam. Pada malam hari berhenti kemudian dimulai lagi pukul 3 pagi, begitu seterusnya.

Jika anakan sudah berumur di atas dua minggu, frekuensi pemberian lolohan semakin berkurang jadi setiap 4 jam sekali. Setelah berumur lebih dari satu bulan, diloloh setiap lima jam sekali. Lovebird yang berumur satu bulan biasanya malam hari tidak makan jadi melolohnya cukup sampai pukul 8 atau 9 malam.

Untuk anakan yang baru menetas makanannya harus encer agar mudah menelan. Apabila sudah masuk usia 7 hari jangan terlalu encer atau agak kental. Pada usia 14 hari mata lovebird sudah membuka, adonan dibuat kental hingga usia 45 hari. Masa-masa kritis telah terlewati karena kebanyakan anak akan mati diloloh pada usia di bawah 14 hari.

Pasca usia 45 hari anakan mulai belajar memecah milet. Oleh karena itu sebaiknya sediakan milet yang tersebar di alas kandang. Pada usia 50 sampai 60 hari anakan sudah makan dan minum sendiri. Mulai umur 60 hari hingga 4 bulan sediakan pakan jagung muda agar tumbuh gemuk.

Anakan Lovebird tempatkan pada box yang diberi lampu pijar. Untuk anakan lovebird yang baru menetas suhu idealnya 30-39 derajat celcius. Anakan semakin tumbuh besar semakin dikurangi suhunya sampai lampu dicopot.

Itulah Cara Meloloh Anakan Lovebird yang Baru Menetas, semoga bermanfaat ya sobat kicau